tips cara cantik alami, tips cara wajah cantik, tips cara berpenampilan cantik, tips cara memasang berjilbab cantik, tips cara berkerudung cantik, tips cara kerudung cantik, tips cara make up yang cantik, cara memasang jilbab yg cantik, cara memakai kerudung yang cantik, cara mengobati, obat tradisional alami, resep makanan, resep minuman

Kajian Kalori Bagi Tubuh Wanita

Setiap makanan/kalori yang dikonsumsi oleh kita, diubah menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh kita, itulah yang dinamakan Metabolisme. Menurut ungkapan Barry M Popkin, PhD, Direktur Program Interdisipliner Obesitas di Universitas North Carolina bahwa “Pada dasarnya, kita tidak mengetahui cara lain untuk membakar lebih banyak kalori atau meningkatkan metabolisme tubuh selain dengan lebih banyak bergerak.” Cara lain untuk meningkatkan metabolisme selain bergerak adalah dengan makan makanan yang meningkatkan metabolisme sehingga makanan yang kita konsumsi secara tidak langsung akan membakar lemak.
Kalori Bagi Tubuh Wanita

Makanan  yang  dapat  meningkatkan metabolisme dikenal sebagai makanan Kalori  Negatif  dimana makanan tersebut memerlukan lebih banyak kalori untuk mencerna daripada kalori yang sebenarnya mereka sendiri miliki. Makanan tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga tubuh sulit mencernanya dengan cepat dan harus menggunakan tambahan kalori untuk membakarnya. Makanan yang paling umum dalam meningkatkan metabolisme dan membakar lemak adalah buah-buahan dan sayuran, untuk lebih detilnya adalah sebagai berikut:
Kalori Bagi Tubuh Wanita

•    Karbohidrat kompleks dan Makanan yang kaya akan serat
Karbohidrat dan serat dalam diet membantu kita dalam menjaga tingkat insulin dalam tubuh rendah. Semakin rendah tingkat insulin maka akan mendorong tubuh untuk mencegah penyimpanan lemak dan akan meningkatkan laju metabolisme.  Karbohidrat Kompleks adalah karbohidrat yang tersusun dari  gula-gula  kompleks,  bukan  gula  sederhana  seperti  gula  pasir  atau  sukrosa.  Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari gandum, jagung, kentang, dan ubi-ubian.  Makanan yang kaya akan serat berasal dari tumbuhan. Tubuh kita tidak dapat mencerna dan menyerap serat. Ada dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tak larut. Serat tak larut membantu proses buang air dan mencegah sembelit. Sayuran, wheat bran dan biji-bijian merupakan bahan makan sumber serat tak larut. Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesteral dan gula darah. Gandum, kacang kering dan buah misalnya apel dan jeruk merupakan bahan makanan sumber serat larut.

•    Makanan yang kaya akan kalsium
Kalsium dapat memicu metabolisme tubuh dan membantu membakar kalori dalam tubuh, sehingga akan menurunkan massa lemak dalam tubuh. Makanan yang kaya kalsium, seperti: susu, kedelai, brokoli, dan lain-lain.

•    Makanan yang kaya akan protein
Protein mudah didapatkan dari daging.   Tubuh membutuhkan jumlah lebih banyak energi untuk mencerna protein, daripada apa yang diperlukan untuk membakar lemak atau karbohidrat. Makanan yang kaya protein, seperti daging tanpa lemak, ayam (khususnya dada ayam) atau kalkun, dapat membuat tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mencernanya dan akan lebih banyak membakar jumlah kalori. Protein tidak harus berasal dari protein hewani. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa protein nabati merupakan protein berkualitas tinggi dan “Mengkonsumsi beraneka ragam makanan nabati adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda…” kata Melanie Polk, penasehat pendidikan nutrisi di American Institute for Cancer Research (Institut Penelitian Penyakit Kanker Amerika). Protein nabati yang berkualitas tinggi sangat mudah ditemukan pada kacang polong, kacang adzuki (kacang merah kecil), kacang kedelai, kacang kedelai hitam, kacang almond, dan sayur-sayuran seperti bayam.

•    Makanan yang kaya akan Omega-3
Omega-3 yang merupakan asam  lemak  esensial. Makanan  yang mengandung Omega-3 dapat mengubah tingkat leptin – hormon dalam tubuh yang memainkan peranan penting dalam metabolisme. Semakin tingkat leptin dalam tubuh, maka akan lebih cepat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga kalori cepat terbakar. Anda dapat menemukan makanan yang mengandung Omega-3 seperti ikan salmon, ikan teri, ikan tuna, ikan sarden, bayam, kangkung, brokoli, kacang merah, kacang belang, kacang hijau, dan lain-lain.

•    Kapsaisin pada rempah-rempah
Rempah-rempah tertentu, seperti jalapeno (cabe khas meksiko), mengandung zat kimia yang dikenal sebagai kapsaisin, karena dapat menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas. Jika rempah-rempah ini  dalam  diet  tidak  hanya  membuat makanan lezat,  tetapi  juga  meningkatkan kecepatan denyut jantung. Penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme sebesar 25 persen, dan membakar kalori sampai tiga jam setelah makan.

•    Kafein dan Minuman yang kaya akan EGCG
Kafein yang terdapat di dalam kopi dan EGCG (Epigallocatechin gallate) yang terutama terdapat di dalam teh hijau dan daun pisang, dapat meningkatkan metabolisme juga. Kafein membantu dalam meningkatkan denyut jantung sehingga mempercepat jantung berdetak sehingga akan mempercepat proses pembakaran kalori juga. Di sisi lain EGCG mempercepat otak dan sistem saraf, yang pada akhirnya meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.

Kajian Kalori Bagi Tubuh Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Juwana

0 comments:

Posting Komentar