tips cara cantik alami, tips cara wajah cantik, tips cara berpenampilan cantik, tips cara memasang berjilbab cantik, tips cara berkerudung cantik, tips cara kerudung cantik, tips cara make up yang cantik, cara memasang jilbab yg cantik, cara memakai kerudung yang cantik, cara mengobati, obat tradisional alami, resep makanan, resep minuman

Makanan Apa Yang Perlu Anda Hindari Saat Diet

Sekarang saatnya membahas makanan yang perlu kita dihindari. Tentunya kita sering mendengar istilah Junk Food (makanan sampah) yang merupakan makanan yang tidak memiliki kandungan gizi yang memadai.  Junk  food  mengandung kalori  yang  sangat  besar  sehingga  bisa  dijadikan  faktor  utama penyebab terjadinya obesitas. Berikut adalah junk food dan makanan lainnya yang perlu kita hindari:
Makanan Apa Yang Perlu Anda Hindari Saat Diet

1.   Gorengan
Makanan ini mengandung kalori, lemak/minyak, dan oksidan yang tinggi. Jika, Anda sering mengkonsumsinya maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang dimulai dari obesitas, penyakit jantung koroner, hingga kanker.

2.   Mie Instan dan Makanan Cepat Saji
Jenis makanan ini memang sangat lezat dan praktis, tetapi mengandung kadar garam yang sangat tinggi, serta vitamin dan mineral dalam jumlah yang sangat rendah. Makanan dengan kandungan kadar garam yang tinggi akan memperberat beban ginjal bekerja dan pembuluh darah jantung, merusak selaput lendir lambung, merusak usus, memperbesar resiko tekanan darah tinggi serta kolestrol tinggi.

3.   Jeroan dan Daging Berlemak
Makanan ini mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Apabila konsumsi dalam jumlah banyak dan jangka panjang maka dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, tumor ganas, dan kanker.


4.   Asinan
Makanan ini mengandung kadar galam yang melebihi batas. Seringkali dalam proses pengasinan juga ditambahkan amonium nitrit sehingga hal ini akan menimbulkan resiko kanker hidung dan tenggorokan.

5.   Daging Olahan
Contoh makanan ini adalah baso, sosis, nugget, ham, corned, dan sebagainya. Makanan jenis ini mengandung garam nitrit yang beresiko menimbulkan kanker, pengawet dan pewarna yang beresiko bagi hati, serta natrium yang memberatkan beban ginjal dan membuat tekanan darah labil.

6.   Makanan yang dipanggang/dibakar
Jika sering mengkonsumsi makanan jenis ini dalam jumlah yang tinggi dan jangka waktu yang lama, maka akan memperbesar resiko penyakit kanker karena mengandung zat penyebab kanker.

7.   Sajian Manis Beku
Es krim, frozen cake, dan dessert seringkali mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dapat mengurangi nafsu makan, dan suhu rendah yang memberi efek negatif bagi usus. Satu batang es krim dapat mengandung sekitar 17 sendok makan gula.

8.   Manisan Kering
Mengandung garam nitrat, manisan kering akan bergabung dengan amonium di dalam tubuh dan menghasilkan zat karsiogenik yang akan merusak organ-organ tubuh, terutama hati. Makanan ini juga akan mengakibatkan tekanan darah tinggi dan merusak ginjal.

9.   Makanan Kaleng
Kandungan vitamin dan protein makanan dalam kaleng tentu saja sudah berkurang jika dibandingkan dengan yang alami. Hal ini otomatis menurunkan nilai gizinya, ditambah dengan interaksinya dengan kaleng dan pengawet yang mengandung berbagai macam zat kimia berbahaya. Buah kaleng jauh lebih berbahaya lagi, karena mengandung kadar gula dan kalori yang sangat tinggi.

10. Olahan Keju
Makananini jika  dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menambah berat badan karena mengandung kadar lemak yang tinggi dan juga dapat menaikkan kadar gula dalam darah.

11. Soda atau Minuman Berkarbonat
Dalam sekaleng minuman soda/karbonat mengandung setidaknya 15 sendok the gula, 150 kalori, 30-

50 mg kafein dan mengandung zat tambahan lainnya seperti zat pewarna buatan dan zat penambah rasa yang berbahaya. Beberapa minuman kaleng berlabel “diet soda” juga mengandung zat pemanis yang berbahaya seperti aspartame yang dapat menimbulkan penyakit seperti diabetes, emotional disorders, pengurangan penglihatan, telinga berdenging, kerusakan otak, dan kehilangan ingatan.

12. Gula Putih dan Makanan yang mengandung Gula
Mengandung kalori yang tinggi dan hampir tidak mengandung nutrisi. Sumber gula apapun sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan, seperti: gula merah, gula tebu, madu, sirup dan sebagainya.


13. French Fries dan Donat
Kedua makanan ini digoreng dalam waktu cukup lama dengan proses deep fried. Sebelum digoreng, makanan ini juga sudah merupakan gula tak berwujud dan setelah digoreng dengan meresap minyak lebih banyak sehingga membuat tubuh tidak sehat. Donat sendiri mengandung sekitar 200-300 kalori yang sebagian besar adalah gula.

14. Kue dan Permen
Makanan ini mengandung banyak sekali gula sehingga akan menjadi salah satu faktor pemicu obesitas karena tingginya kalori dalam makanan tersebut.

15. Bubur dan Lontong
Makanan ini dapat menaikkan gula darah lebih cepat dibandingkan dengan nasi. Karena semakin makanan mudah diolah oleh pencernaan maka proses pembentukan gula darah akan semakin cepat.

16. Obat-obatan tertentu
Obat yang mengandung steroid dan beberapa obat anti-depresi bisa menyebabkan penambahan berat badan.

17. Makanan Berlemak
Hindarilah mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan seperti: lemak binatang, santan, segala macam jenis minyak goreng, mentega, dan segala produk olahan susu. Karena makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi dan akan menimbulkan penyakit kolesterol.

18. Roti Putih
Roti mengandung serat yang rendah sehingga tidak akan membuat kenyang lebih lama. Roti putih tidak tidak mengandung banyak nutrisi. Roti putih justru sering dikombinasikan dengan gula atau pemanis sehingga dapat memicu kenaikan berat badan.

19. Nasi Putih
Nasi putih mengandung serat yang rendah dan juga pada saat pencernaan di dalam tubuh akan segera berubah menjadi gula. Kemudian beras putih sudah kehilangan vitaminnya   karena tidak memiliki kulit ari atau gabah.

20. Seafood
Sebenarnya  seafood  memberikan dampak  sangat  kecil  pada  kolesterol  darah  tergantung  jenis makanan laut yang Anda pilih. Kadar kolesterol “jahat” dalam darah lebih banyak dipicu oleh cara memasak seafood tersebut yang seringkali diproses dengan lemak trans. Karena itu, untuk menghindari resiko  kolesterol dari  makanan seafood, Anda  mungkin dapat  menghidangkannya, seperti: udang rebus, cumi bakar atau ikan bakar dalam porsi sedang. Seafood mimiliki sejumlah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga memiliki manfaat yang baik juga untuk kesehatan tubuh.

Makanan Apa Yang Perlu Anda Hindari Saat Diet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Juwana

0 comments:

Posting Komentar