tips cara cantik alami, tips cara wajah cantik, tips cara berpenampilan cantik, tips cara memasang berjilbab cantik, tips cara berkerudung cantik, tips cara kerudung cantik, tips cara make up yang cantik, cara memasang jilbab yg cantik, cara memakai kerudung yang cantik, cara mengobati, obat tradisional alami, resep makanan, resep minuman

Pengertian Kanker Payudara

Kanker atau neoplasma merupakan suatu penyakit akibat adanya pertumbuhan yang abnormal dari sel-sel jaringan tubuh yang dapat mengakibatkan invasi  ke  jaringan-jaringan  normal.  Definisi  yang  paling sederhana   yang   dapat   diberikan   adalah   pertumbuhan   sel-sel   yang kehilangan pengendaliannya. Kanker dapat menyebar pada bagian tubuh tertentu seperti payudara.

Kanker payudara (Carcinoma mammae) didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari   parenchyma. Kanker payudara oleh WHO dimasukkan ke dalam   International Classification of Diseases (ICD) dengan kode nomor 174 untuk wanita dan 175 untuk pria.

Kanker payudara muncul sebagai akibat sel-sel yang abnormal terbentuk pada payudara dengan kecepatan tidak terkontrol dan tidak beraturan.  Sel- sel tersebut merupakan hasil mutasi gen dengan perubahan-perubahan bentuk, ukuran maupun fungsinya.

Kanker payudara dapat menyebar ke organ lain seperti paru-paru, hati, dan otak melalui pembuluh darah. Kelenjar getah bening aksila ataupun supraklavikula membesar akibat dari penyebaran kanker payudara melalui pembuluh getah bening dan tumbuh di kelenjar getah bening.

Anatomi Payudara

Payudara pada pria dan wanita adalah sama sampai masa pubertas  (11-13 tahun)   karena   hormon   estrogen dan hormon lainnya mempengaruhi perkembangan payudara pada wanita. Pada wanita perkembangan payudara aktif,   sedangkan   pada   pria   kelenjar   dan   duktus   mammae   kurang berkembang dan sinus berkembang tidak sempurna. Payudara yang sensitif terhadap  pengaruh  hormonal  mengakibatkan payudara  cenderung mengalami pertumbuhan neoplastik baik yang bersifat jinak maupun ganas.

Payudara merupakan bagian dari organ reproduksi yang fungsi utamanya menyekresi susu untuk nutrisi bayi. Payudara terdiri dari jaringan  duktural, fibrosa yang mengikat lobus-lobus, dan   jaringan   lemak   didalam dan diantara lobus-lobus. 85% jaringan payudara terdiri dari lemak. Sedikit di bawah pusat payudara dewasa terdapat puting (papila mamaria), tonjolan yang berpigmen dikelilingi oleh areola.

Puting dan areola biasanya mempunyai warna dan tekstur yang berbeda dari kulit di sekelilingnya. Warnanya bermacam-macam dari yang merah muda pucat, sampai hitam dan gelap selama masa kehamilan dan menyusui. Puting susu biasanya menonjol keluar dari permukaan payudara.

Kanker payudara dapat terjadi dibagian mana saja dalam payudara,  tetapi mayoritas terjadi pada kuadran atas terluar di mana sebagian besar jaringan payudara terdapat. Dalam menentukan lokasi kanker payudara, payudara dibagi menjadi empat kuadran, yaitu kuadran lateral (pinggir atas), lateral bawah, medial (tengah atas), dan median bawah.

Anatomi payudara dan kuadran letak kanker payudara dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Bagian Kanker Payudara
 Keterangan:

1.Korpus (badan)        I   Lateral atas (pinggir atas)
2.Areola                      II  Lateral bawah
3.papilla atau puting,    III  Medial atas (tengah atas)
                                   IV  Median bawah

Pengertian Kanker Payudara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Juwana

0 comments:

Poskan Komentar