tips cara cantik alami, tips cara wajah cantik, tips cara berpenampilan cantik, tips cara memasang berjilbab cantik, tips cara berkerudung cantik, tips cara kerudung cantik, tips cara make up yang cantik, cara memasang jilbab yg cantik, cara memakai kerudung yang cantik, cara mengobati, obat tradisional alami, resep makanan, resep minuman

Pola Hidup Sehat Teratur Bisa Mengatasi Kegemukan

Mari kita memulai pola hidup yang sehat dengan mulai membuat perubahan kecil dalam mengatur pola makan yang sehat, meluangkan waktu untuk berolahraga, dan memiliki pola istirahat yang sehat.

Pola Hidup Sehat Teratur Bisa Mengatasi Kegemukan

Berikut adalah hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam mengatur pola hidup yang sehat dan teratur:

1.   Sarapan
Sarapan dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak dalam tubuh dan juga dapat mengurangi nafsu makan di siang hari sehingga mencegah kita mencari cemilan yang dapat memicu masuknya kalori yang lebih banyak ke dalam tubuh. Menu pagi, sebaiknya cukup berkisar antara 300 – 400 kalori. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya, menu yang sesuai dengan “Empat sehat lima sempurna”, yang 3 diantaranya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, susu, sereal.

2.   Olahraga
Olahraga sangat membantu membangun massa otot, dan jaringan otot akan membakar lebih banyak kalori   ketimbang  lemak   tubuh,   bahkan   saat   Anda   sedang   istirahat   sekalipun.   Setidaknya jadwalkanlah olahraga dua kali seminggu.

3.   Makan sedikit-sedikit, tapi sering
Cara ini dapat menghidupkan mesin pencernaan dan melakukan proses ini tentunya juga membutuhkan kalori.

4.   Minum Air Putih
Minum minimal 2  liter air  putih/hari dapat membantu proses metabolisme dalam  tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan.

5.   Makan yang Teratur
Setidaknya jadwal makan sedikitnya 3 kali sehari dan buatlah pola makan harian yang bisa dan rutin anda lakukan setiap hari, tubuh kita secara unik akan menurunkan metabolisme bila sedang lapar sehingga ini tentunya tidak bagus untuk proses penurunan berat badan.

6.   Jenis Makanan
Makanan yang pantas dikonsumsi adalah yang mengandung banyak serat dan juga merupakan makanan   yang   sehat.   Sebaiknya   mengurangi   kebiasaan   ngemil   makanan   ringan   karena mengandung kalori yang tinggi kecuali Anda menggantikannya dengan cemilan sehat seperti buah- buahan. Menggosok gigi setelah makan malam secara tidak langsung dapat membantu anda untuk mengurangi keinginan untuk mengemil.

7.   Istirahat dan Tidur yang cukup
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur akan menimbulkan dampak negatif, termasuk meningkatnya resiko diabetes, kegemukan, dan kelesuan di sekolah, kecelakaan lalu lintas, cedera dan kematian, bahkan kelainan jiwa. Penemuan ilmiah menyatakan bahwa tubuh bekerja dengan siklus 24 jam per hari dengan melepaskan hormon tertentu pada waktu yang tertentu sepanjang hari. Tidur sebelum tengah malam lebih bermanfaat daripada setelahnya, misalkan tidur nyenyak dua jam sebelum jam 12 tengah malam lebih berharga daripada empat jam setelah 12 malam. Setiap orang dewasa memiliki kebutuhan yang tidur yang berbeda-beda biasanya antara 6-9 jam per malam, tidur yang cukup ditandai oleh perasaan segar dan siaga sepanjang hari tanpa rasa mengantuk atau lesu. Keadaan yang baik untuk tidur adalah dengan mematikan lampu (cahaya), karena dengan adanya cahaya akan menghambat siklus tubuh untuk menyegarkan kembali tubuh kita.

Pola Hidup Sehat Teratur Bisa Mengatasi Kegemukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Juwana

0 comments:

Posting Komentar